UCAPAN SELAMAT

Segenap Presbiter GPIB Jemaat Bethania Makassar mengucapkan selamat atas pernikahan Sdri. Imelda Rosalyn Cornelia Pattinasarany (WSP3) dengan Sdr. Marlon Sumampouw (WJ GBI GLOW Fellowship Centre Network) pada hari Sabtu, 2 Oktober 2010, di GBI GLOW Fellowship Centre Network. Tuhan Yesus Kristus memberkati.

UCAPAN BELASUNGKAWA

Telah meninggal dunia dengan tenang:

a. Ny. Lorrina Maria Latuihamallo - Porwayla (89), WSP3, pada hari Senin, 27 September 2010 pkl. 23.00. Jenazah dikebumikan di TPU Panaikang hari Rabu, 29 September 2010 setelah dilepas dari rumah duka Jl. Sungai Digul № 3, Makassar.

b. Bp. Joppie Robby Wolah (51), mantan Presbiter GPIB Jemaat Bethania Makassar periode 1988/1992, 1997/2002, PHMJ periode 1997/2000 - dan terakhir sebagai Presbiter GPIB Bukit Zaitun Makassar - pada hari Kamis, 30 September 2010. Ibadah Pelepasan diadakan di GPIB Jemaat Bukit Zaitun Makassar hari Sabtu, 2 Oktober 2010. Rumah duka beralamat di Jl. Ketilang.

Majelis Jemaat turut berbelasungkawa atas kehilangan ini, kiranya Tuhan Yesus Kristus Sang Empunya kehidupan senantiasa memberikan penghiburan sejati kepada keluarga yang ditinggalkan


SELAMAT MENGINGATRAYAKAN PENYERTAAN TUHAN DI DALAM PERJUANGAN GEREJA, MINGGU, 3 OKTOBER 2010

Kisah Para Rasul 6 : 1 - 4
Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu (ay.3)

KEGIATAN PEKAN INI - Minggu XIX Sesudah Pentakosta - 3 s/d 9 Oktober 2010

1. Dalam rangka mengikuti Persidangan Sinode XIX GPIB yang diadakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 11 s.d. 16 Oktober 2010, GPIB Jemaat Bethania Makassar mengirim tiga orang Presbiter sebagai utusan. Mandat diberikan kepada Pdt. Johanes Wadu, STh, Pnt. J.J.J.Poluan, dan Dkn. S.T.O.Mustamu, yang akan berangkat dari Makassar tanggal 9 Oktober 2010. Selagi Ketua Majelis Jemaat tidak di tempat, pengaturan pelayan akan dilaksanakan oleh PHMJ.

2. Komisi Daya dan Dana, bekerja sama dengan ke-5 BPK dan Panitia Pembangunan GSG, mengadakan kegiatan pencarian dana melalui pengedaran Kupon Berhadiah. Hasilnya akan dipergunakan untuk mendanai pelaksanaan program jemaat, serta pembangunan gedung serba guna. Kupon dapat diperoleh melalui anggota Komisi Daya dan Dana, Pengurus Ke-5 BPK, Panitia Pembangunan, Koordinator Sekpel, dan Kantor Sekretariat GPIB Jemaat Bethania Makassar.
Hadiah utama berupa sebuah sepeda motor Honda Scoopy, serta Induction Cooker, Laptop, Energy Water System, TV, Blackberry, HP, dan hadiah-hadiah menarik lainnya akan diundi pada hari Minggu, 28 November 2010.

3. Panitia Wisata Layan BPK PW akan melakukan pencarian dana untuk rencana Wisata Layan ke Bogor pada bulan Juni 2011, berupa penjualan makanan, minuman dan kue-kue di ha¬laman Gedung Gereja, setiap selesai IHM. Mohon partisipasi Bapak/Ibu/Sdr(i).

4. Doa Malam untuk rencana Wisata Layan ke Bogor – Juni 2011, diadakan setiap hari Senin pkl. 19.00 di RG Bethania - 2 minggu sekali, sejak tgl. 23/08/10. Harap partisipasi dari semua Ibu2 anggota PW pada hari Senin, 4 Oktober 2010.

-----------------o0o-----------------

Rumah Gereja Bethania

Rumah Gereja Bethania
Foto oleh BN - tahun 2009

Rabu, 21 Juli 2010

PESAN HUT KE 29 BPK PERSEKUTUAN KAUM BAPAK GPIB 11 JULI 2010

Salam Sejahtera,

BPK PKB GPIB memasuki usia pelayanannya ke-29 pada tanggal 11 Juli 2010. Usia ini tentunya sudah harus memberikan gambaran jelas akan kedewasaan kiprah pelayanan PKB ditengah persekutuan jemaat dan partisipasinya dalam pergumulan masyarakat.

Ketika BPK ini dibentuk 29 tahun yang lalu, GPIB tentunya menyadari tentang satu hal terkait pengembangan partisipasi warga jemaat di masa depan. Bahwa ke depan gereja tidak dapat mewujudkan jawaban atas panggilan dan pengutusannya secara maksimal tanpa partisipasi aktif warga jemaat. GPIB melihat partisipasi warga jemaat tidak hanya dilakukan oleh sebagian saja warga jemaat namun utuh bagai sebuah keluarga. Dan untuk mengarah kepada hal tersebut maka dibentuk wadah pembinaan yang memberikan kesempatan kepada setiap warga jemaat mulai dari anak sampai dengan orang tua termasuk kaum bapak untuk dibina, dipersiapkan agar ia dapat mewujudkan suka cita dan sejahtera bagi seluruh kehidupan di mana ia ditempatkan.

Sebagai wadah pembinaan PKB telah berusaha secara maksimal lewat semua program kegiatan. Mulai dari program di tingkat sinodal sampai di tingkat jemaat untuk mempersiapkan para kaum bapak dalam menggumuli tantangan pelayanan dan kesaksian mereka di tengah keluarga, jemaat dan masyarakat guna menjawab Visi & Misi GPIB.

Dalam 5 (lima) tahun terakhir ada begitu banyak kegiatan sinodal yang telah dilaksanakan sebagai realisasi atas maksud tersebut. Mulai dari kelas-kelas pembinaan, kegiatan olah raga dan seni, pelatihan, diskusi, seminar dan lain-lainnya.

Semua yang telah dilakukan sangat diharapkan telah dan akan membuat perubahan yang sangat menggembirakan, bila kita bicara tentang partisipasi aktif kaum bapak dalam persekutuan, kesaksian dan pelayanan gereja. Sehingga stigma tentang sebuah persekutuan yang kurang banyak akan berubah dan terus berubah menjadi persekutuan yang kreatif, yang menabur, yang berakar dan yang terus berbuah bagi sesama.

Kedepan tantangan eksistensi PKB dalam memenuhi panggilan dan pengutusannya akan lebih variatif dan kompleks. Itu artinya dituntut dari PKB agar berpikir secara bijak dan bertindak dengan kreatif. Tahun ini Dewan PKB akan mengakhiri 5 tahun masa bakti kami membantu Majelis Sinode XVIII dan diujung kesempatan ini kami persembahkan suatu pelatihan bagi kaum bapak secara sinodal yakni Pelatihan Kewirausahaan BPK PKB GPIB tahun 2010 dengan harapan kegiatan ini akan menstimulir dan melengkapi anggota PKB dalam menumbuh kembangkan semangat wirausaha.

Kita adalah imam keluarga, kita adalah motivator, inisiator dan motor kegiatan jemaat untuk menyaksikan kabar sukacita dan menjadi saluran berkat TUHAN bagi dunia, karena kita adalah Persekutuan Kaum Bapak Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat. Dan untuk itulah kita ada !

Akhirnya pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kami Dewan PKB periode 2005-2010 dan memohon maaf atas kekurangan yang masih ada. Semoga TUHAN yang akan melengkapi kekurangan yang ada dan menjadikannya sempurna.

Selamat merayakan hari ulang tahun ke-29, teruslah kreatif, teruslah menabur, berakar, bertumbuh dan memberi buah bagi sesama guna membangun masa depan bersama Roh Kudus.

Soli Deo Glory.

Dewan Persekutuan Kaum Bapak GPIB periode 2005-2010

Berth Rako,Joseph Jacobs,

Juwilzon Pattinasarany, Japy Salaki,

Boetje Balthazar, Dan Tehupuring